Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya

Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya


Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya, Jaringan komputer adalah hubungan antara dua komputer atau lebih yang saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat jaringan.


Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya

Fungsi jaringan adalah membuat pengguna bisa saling bertukar data, menggunakan perangkat yang sama, dan masih banyak lagi.


Pengertian Wireless Router / Router Nirkabel 

Router adalah perangkat jaringan yang dapat mentransfer data dengan cara kabel atau nirkabel. Sebagai perangkat cerdas, router diaktifkan untuk mengarahkan lalu lintas masuk dan keluar di jaringan dengan cara yang efisien. Secara tradisional, router terhubung ke perangkat LAN (jaringan area lokal) lain melalui kabel Ethernet untuk jaringan kabel. Seiring waktu, router nirkabel, menyediakan instalasi yang mudah digunakan tanpa kabel, semakin menjadi "sayang" bagi banyak rumah dan kantor kecil.


Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya


Router nirkabel mengacu pada perangkat jaringan yang menjalankan fungsi router dengan menghubungkan perangkat berkemampuan WiFi, seperti laptop, smartphone, tablet, dan semacamnya secara nirkabel. Untuk router perusahaan, mereka mendukung layanan IPTV/TV digital dan dapat digunakan untuk panggilan Voice over IP (VoIP). Selain itu, mereka juga memiliki firewall dan fungsi perlindungan kata sandi untuk bertahan melawan potensi ancaman di luar LAN.

Baca Juga Cara Setting Internet di Mikrotik Router agar terhubung Ke Internet

Akses Point  Nirkabel / Wireless Akses Point  

Titik akses nirkabel, juga dikenal sebagai AP nirkabel atau WAP, adalah singkatan dari perangkat keras jaringan yang menambahkan kemampuan Wi-Fi ke jaringan kabel yang ada dengan menjembatani lalu lintas dari stasiun nirkabel ke LAN kabel. AP nirkabel dapat bertindak sebagai perangkat yang berdiri sendiri atau dapat menjadi komponen router.

Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya


Secara umum, AP nirkabel memungkinkan perangkat yang tidak memiliki koneksi Wi-Fi bawaan untuk mengakses jaringan nirkabel dengan bantuan kabel Ethernet. Artinya, sinyal yang dijalankan dari router ke titik akses diubah dari kabel ke nirkabel. Selain itu, WAP juga dapat digunakan untuk memperluas jangkauan nirkabel dari jaringan yang ada jika kebutuhan akses meningkat di masa mendatang.



Perbedaan Wireless Access Point dengan Router

Access Poin nirkabel dan router nirkabel, keduanya mendukung konektivitas jaringan Wi-Fi dan melakukan peran yang serupa. Kebingungan muncul karenanya. Sebenarnya, kedua perangkat jaringan ini lebih mirip sepupu daripada kembar. Perbedaan antara keduanya akan diilustrasikan berikut ini.


Fungsi

Secara umum, sebagian besar router nirkabel menggabungkan fungsionalitas Access Point nirkabel, router Ethernet, firewall dasar, dan switch Ethernet kecil. Sementara Access Point nirkabel biasanya hadir sebagai komponen perangkat bawaan seperti router, atau perluasan jaringan Wi-Fi. Singkatnya, router nirkabel dapat berfungsi sebagai Access Pion, tetapi tidak semua Access Point dapat berfungsi sebagai router.


Jelas berbicara, router nirkabel, memainkan peran "Ethernet hub," membantu dalam membangun jaringan area lokal dengan menghubungkan dan mengelola semua perangkat yang terhubung ke sana. Access Pion, bagaimanapun, adalah sub-perangkat dalam jaringan area lokal yang hanya menyediakan akses ke jaringan mapan router. Oleh karena itu, jika Anda adalah admin jaringan, Anda dapat menggunakan router nirkabel untuk mengubah pengaturan jaringan, tetapi Access Pion nirkabel tidak dilengkapi dengan fungsionalitas tersebut.


Koneksi & Cakupan

Router dan Access Point nirkabel memiliki metode koneksi yang berbeda. Biasanya, router nirkabel dapat menawarkan sinyal Wi-Fi untuk perangkat secara langsung, atau terhubung ke sakelar PoE yang dapat menambahkan AP nirkabel untuk memperluas jangkauan Wi-Fi. Dibandingkan dengan router nirkabel, beberapa AP nirkabel rumah tanpa fungsi perutean tidak dapat dihubungkan ke modem atau gateway, dan router Wi-Fi akan digunakan sebagai perantara dalam kondisi seperti itu.


Terkadang sinyal Wi-Fi akan lemah dan memiliki beberapa titik mati jika router nirkabel tidak dapat mencapai area jangkauan yang diharapkan. Sebagai gantinya, titik akses nirkabel dapat ditambahkan di lokasi yang memiliki kondisi jaringan yang buruk, menghilangkan titik mati dan memperluas jaringan nirkabel. Untuk jaringan SMB, AP nirkabel perusahaan harus terhubung dengan sakelar PoE dan kemudian terhubung ke gateway untuk memperluas jangkauan sinyal nirkabel.


Aplikasi

Biasanya, router nirkabel melayani rumah tempat tinggal, lingkungan kerja SOHO, dan kantor atau organisasi kecil, yang dapat dengan mudah memenuhi permintaan akses tetap dan sedang. Jelas, jenis router ini tidak dapat diskalakan untuk mencerminkan pertumbuhan kebutuhan jaringan yang meningkat di masa depan yang dapat diprediksi.




Adapun Access Poin nirkabel, mereka sebagian besar digunakan di perusahaan dan organisasi menengah hingga besar, lebih dari satu AP nirkabel terlibat untuk mendukung banyak pengguna. Berbeda dengan situasi sebelumnya, manajer jaringan dapat menambahkan AP tambahan saat permintaan meningkat, untuk mencakup area fisik yang lebih luas.


Mana yang lebih bagus Router Nirkabel atau  Access Point:

Router nirkabel vs Access Pion nirkabel, semuanya tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin jaringan nirkabel di rumah untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga Anda, router nirkabel sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin membangun jaringan nirkabel yang lebih andal yang menguntungkan banyak pengguna, titik akses nirkabel lebih tepat.


Untuk arsitektur Wi-Fi yang akan datang, ada beberapa faktor kunci yang perlu dipertimbangkan: ukuran fisik tempat, jangkauan jaringan, jumlah pengguna Wi-Fi saat ini, dan bahkan permintaan akses yang diantisipasi. . Sebagai pilihan utama bagi banyak pengguna, router nirkabel hampir sangat diperlukan untuk setiap rumah tangga dan bisnis kecil. Setelah titik akses nirkabel muncul, perusahaan besar saat ini cenderung mengadopsinya untuk mencakup area yang lebih besar atau untuk mendukung lebih banyak pengguna di LAN yang lebih besar.

Post a Comment for "Perbedaan wireless Router Dan Access Point Serta Kelebihannya"