Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Istilah Lainnya

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Istilah Lainnya


Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Istilah Lainnya,  Apa sih yang di maksud dengan web server? pasti kalian ingn tau kan? web server yaitu salah satu hal yang sangat penting banget di dalam dunia per web site an loh. Salah atau keliru dalam memilih web server bakal ngaruh banget dalam kinerja web site kamu. Jadi gini guys, kita akan membahas tentang apa sih itu web server?

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Istilah Lainnya 

Web Server Tuh Apa Sih?

Web server yaitu perangkat yang meiliki fungsi sangat penting yaitu sebagai penyimpanan data/file. Web server juga mengatur komunikasi dengan browser dan juga memenuhi dan menjalankan permintaan dari client. web server sendiri adalah suatu kebutuhan bagi seorang yang ingin menjalankan/mengunjungi halaman dari website tersebut. Web server juga termasuk perangkat lunak (Software).

Istilah Menurut Para Ahli


Pengertian Web menurut para ahli :

  1. Menurut Sibero (2013:11) ”web adalah suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia, dan lainnya pada jaringan internet”.
  2. Menurut Kustiyahningsih dan Devie (2011:4) web merupakan” salah satu layanan yang didapat oleh pemakai komputer yang terhubung dengan fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks,gambar,suara,animasi dan multimedia lainnya”.


Pengertian Website menurut para ahli :

  1. Menurut Bekti (2015:35) menyimpulkan bahwa: Website merupakan kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara,dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait, yang masingmasing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman.
  2. Menurut Rahmadi (2013:1)”website (lebih dikenal dengan sebutan situs) adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video atau jenis-jenis berkas lainnya.”.
  3. Menurut Ippho Santoso dalam Rahmadi (2013:1) “membagi website menjadi golongan kanan dan golongan kiri. Dalam website dikenal dengan sebutan website dinamis dan website statis.
    • Website statis Website statis adalah website yang mempunyai halaman konten yang tidak berubah-ubah.
    • Website dinamis Website dinamis merupakan website yang secara struktur ditujukan untuk update sesering mungkin. 


Pengertian Web Server Menurut para ahli :

  1. Menurut Sibero (2013:11)”web server adalah sebuah komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak”.
  2. Menurut Kustiyahningsih dan Devie (2011:8)”web server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer ini melayani permintaan dokumen web dari kliennya”. 
  3. Menurut Kustiyahningsih dan Devie (2011:8)”web browser adalah Software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web”. 
  4. Menurut Sibero (2013:12) web browser adalah “aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengambil dan menyajikan sumber informasi web”


Pengertian HTML (Hypertext Markup Language ) Menurut para ahli :

  1. Menurut Sutarman (2007:27)”HTML Hypertext Markup Language) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menulis halaman web”. 
  2. Menurut Larry (2012:3)”Hypertext Markup Language merupakan suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen


Pengertian PHP (PHP Hypertext Preprocessor ) Menurut para ahli :

  1. Menurut Sidik (2014:4) menyimpulkan bahwa: PHP dikenal sebagai bahasa pemograman script-script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML, yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML, yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML. Dikenal sebagai bahasa pemograman server side.
  2. Menurut Kadir (2008:358)”PHP merupakan bahasa pemograman script yang diletakan dalam server yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi web yang bersifat dinamis”


Pengertian Basis Data Menurut para ahli :

  1. Menurut Rosa dan Shalahudin (2015:43)”sistem basis data adalah sistem yang terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara data yang sudah diolah atau informasi dan membuat informasi tersedia saat dibutuhkan”.
  2. Menurut Kustiyahningsih dan Devie (2011:145)”basis data adalah sekumpulan data yang diproses dengan bantuan komputer yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah dan tepat, yang dapat digambarkan sebagai aktivitas dari satu atau lebih organisasi yang berelasi”. 


Pengertian MySQL Menurut para ahli :

  1. Menurut Sidik (2014:333)”MySQL merupakan software database yang termasuk paling popular dilingkungan linux, kepopuleran ini ditunjang karena Performansi query dari databasenya yang saat itu biasa dikatakan paling cepat dan jarang bermasalah”.
  2. Menurut Setiawan dalam jurnal Khairil dkk (2012 : 60) MySQL adalah database yang menghubungkan script PHP menggunakan perintah query dan escape character yang sama dengan PHP
Demikian Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Istilah Lainnya semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Pengertian Web Server Menurut Para Ahli dan Istilah Lainnya"